Benteng Portugis Jepara - Tempat Wisata di Indonesia

Blog dimana anda akan menemukan informasi tempat wisata yang ada di Indonesia

Monday, June 22, 2015

Benteng Portugis Jepara




Selain tempat wisata seperti gunung, danau, pantai, air terjun, dan tempat wisata buatan, peninggalan sejarah juga bisa menjadi objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata yang lain. Seperti peninggalan candi dari berbagai macam kerajaan di masa lalu, peninggalan benteng portugis juga tidak kalah terkenalnya dengan candi yang ada di jawa tengah. Benteng portugis adalah salah satu obyek wisata andalan di jepara adalah benteng portugis yang terletak di desa banyumanis kecamatan donorojo atau 45 km di sebelah timur laut kota jepara, dan untuk mencapainya tersedia sarana jalan aspal berbatu dan hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada rute transportasi umum ke situs sejarah ini. Benteng ini dibangun di atas sebuah bukit batu di pinggir laut dan persis di depannya terhampar pulau mondoliko, sehingga selat yang ada di depan benteng ini berada di bawah kendali meriam benteng sehingga akan berpengaruh pada pelayaran kapal dari jepara ke Indonesia bagian timur atau sebaliknya. Berikut ini pesona yang dimiliki oleh benteng portugis jepara :
1.       Fisik bangunan : Benteng ini sekarang hanya tinggal reruntuhan tembok berbentuk persegi empat yang terletak di atas bukit tepat di seberang selatan pulau mondoliko. Di dalam tembok hanya berupa lahan kosong yang ditumbuhi beberapa pohon yang sengaja dibiarkan untuk tempat berteduh pengunjung. Selain itu terdapat beberapa replika meriam yang ditempatkan di sisi utara dan timur benteng yang langsung berbatasan dengan laut lepas.
2.       Bukti sejarah : Pada tahun 1619 kota Jayakarta atau Sunda Kelapa dimasuki VOC belanda. Sultan Agung Raja Mataram sudah merasakan adanya bahaya yang mengancam dari situasi jatuh nya kota Jayakarta ke tangan Belanda. Untuk itu Sultan Agung mempersiapkan angkatan perangnya guna mengusir penjajah Belanda. Sultan Agung berpikir bahwa VOC Belanda hanya bisa dikalahkan lewat serangan darat dan laut secara bersamaan, padahal Mataram tidak memiliki armada laut yang kuat, sehingga perlu adanya bantuan dari pihak ketiga yang juga berseteru dengan VOC yaitu bangsa portugis.
Demikian artikel saya yang berjudul benteng portugis jepara, semoga dapat menjadi referensi anda untuk mencari tempat rekreasi bersama orang-orang yang anda sayangi. Semoga bermanfaat dan terima kasih


No comments:

Post a Comment