Menikmati Indahnya Danau Kelimutu Flores yang Menakjubkan

Wednesday, June 24, 2015

seperti namanya, Danau Kelimutu Flores merupakan danau yang terbentuk di lereng Gunung Kelimutu di Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT). Keunikan danau yang terletak di Desa Pemo, Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT ini adalah warnanya yang terdiri dari 3 macam dari 3 danau yang berdampingan. Karena itu pula danau ini dikenal pula dengan nama Danau Tiga Warna Kelimutu.
danau kelimutu flores
Tempat wisata Danau Kelimutu Flores sebenarnya merupakan bagian yang barada di dalam kawasan Konservasi Alam Nasional. Namun karena keunikan dan keajaiban inilah yang menjadikan kawasan ini begitu popular dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di NTT.
Seperti dikutip dari Wikipedia, tempat wisata ini ditemukan pertama kali oleh seorang warba Belanda yang bernama Van Such Telen sekitar tahun 1915. Nama Kelimutu itu sendiri terdri dari dua kata, yaitu kata “keli” yang artinya gunung dan “mutu” yang bermakna mendidih. Sehingga Danau Kelimutu bisa bermakna danau yang terdapat di gunung yang mendidih atau gunung berapi.
Danau Kelimutu memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi yang mencakup ketiga danau tersebut dengan volume air sebanyak 1.292 juta meter kubik. Ketiga danau yang juga disebut warga setempat dengan sebutan Tiwu Kelimutu ini masing-masing memiliki warna yang berlainan yang menurut kabar berhubungan dengan hal-hal ghaib, yaitu terdiri dari:
·        Danau yang berwarna biru dinamakan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang kabarnya merupakan tempat berkumpulnya jiwa atau roh para muda-mudi yang telah tewas.
·        Danau yang berwarna merah dinamakan “Tiwu Ata Polo” yang disebut sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa roh dari orang-orang yang selama hdupnya selalu melakukan perbuatan jahat.
·        Danau yang berwarna putih disebut juga dengan nama “Tiwu Ata Mbupu” dan dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh atau jiwa dari para orang tua yang berjiwa bersih.
Banyak legenda tentang Danau Tiga Warna yang masih diakui warga setempat dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Danau ini juga dianggap sebagai wilayah yang keramat dan sering dilakukan upacara adat untuk memberikan sesajian ke danau tersebut.
Ada banyak alternative jalan yang bisa di tempat para wisatawanyang terytarik untu berkunjung ke Danau Kelimutu Flores NTT tersebut. Ada sebuah bandara udara di NTT yang dapat menjadi rujukan, yaitu bandara di Ende. Wilayah ini juga bisa dijangkau baik dari Kupang maupun dari Denpasar Bali.
Nah, dari kota Ende tersebut perjalanan darat dapat ditempuh dengan berbagai angkutan darat yang tersedia, baik angkutan umum maupun dengan menyewa mobil. Perjalanan dari Ende dilakukan menuju Desa Moni untuk kemudian mulai naik dengan melakukan trekking ke puncak Gunung Kelimutu.
Di Desa Moni saat ini sudah tersedia fasilitas penginapan maupun warung makan bagi anda yang mungkin perlu menginap. Sedangkan perjalanan dari desa ini menuju kawasan Danau Kelimutu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan berbagai angkutan darat yang ada.

Hanya saja, anda perlu berhati-hati karena lokasinya yang berliku dengan sisi kiri dan kanan jalan yang terjal sehingga rawan kecelakaan. Akan lebih baik jika perjalanan menuju Danau Kelimutu Flores dilakukan dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan alamnya yang sungguh luar biasa.
 

Blogger news

Most Reading

Powered by Blogger.