Museum Bank Rakyat Indonesia purwokerto

Tuesday, July 15, 2014


 

Museum Bank Rakyat Indonesia

                   
S
iapa yang tidak tahu dan mengenal dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ? Bank BRI merupakan Bank yang ber plat merah dan menjadi Bank terbesar di indonesia yang terus berkembah hingga saat ini. Bank BRI ini merupakan Bank tertua yang memiliki sejarah yang sangat panjang  di Indonesia. Bank ini didirikan  pada tanggal 16 Desember 1895 oleh Raden Aria Wirjaatmadja, di kota kecil yang sejuk nan asri, Purwokerto, Jawa Tengah.
Siapa yang tahu kalau Kota purwokerto merupakan kota pertama didirikannya bank BRI. Sebelum nama BRI dulunya bank ini bernama De Purwokertosche Hulp-en Spaar Bank Der Inlandasche Bestuur Ambtenaren yang memliki arti Bank Priyayi yang memiliki satu kantor kecil pada masa itu. Tetapi sekarang bank ini menjadi salah satu Bank besar di Indonesia yang memiliki banyak kantor cabang dimana – mana, diberbagai penjuru Indonesia.
Bank ini sekarang dijadikan museum yang bernama Museum Bank Rakyat Indonesia, dismuseum ini ada bisa melihat dan mengetahui berbagai macam mata uanga uang dari jaman ke jaman. Mata uang mulai jaman VOC Belanda, jaman Timor-timur danjuga mata uang pada kerajaan Majapahit , uang kertas  cina hingga mata uang modern jaman sekarang. Selain itu anda jug abisa melihat peningggalan mesin – mesin perbankan masa kini dan juga peninggalan barang – barang milik Raden Aria Wirjaatmadja yang terdapat pada lantai 1 bangunan museum. Serta terdapat Relief tembaga sebagai gambaran sejarah kiprah bank BRI dari masa ke masa.
Lokasi Museum Bank BRI ini terletak di Jl. Sudirman No. 57, kota Purwokerto, Jawa Tengah. Museum ini tidak tampak seperti bangunan museum pada umumnya karena bentuk bangunan yang menyerupai bangunan rumah biasa dan tidak terlalu luas. Dan juga tidak terlalu banyak yang dipamerkan disini. Tetapi semua itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang hendah mengunjungi meseum ini.
Untuk masuk ke Museum Bank BRI ini, anda tidak dikenakan biaya apapun (Gratis). Cukup dengan mengisi buku tamu di pintu masuk museum dan anda juga difasilitasi tour gued, sehingga anda bisa menanyakan apa – apa saja yang anda tidak ketahui di Museum ini
 

Blogger news

Most Reading

Powered by Blogger.