Kota Lama Banyumas - Tempat Wisata di Indonesia

Blog dimana anda akan menemukan informasi tempat wisata yang ada di Indonesia

Monday, July 7, 2014

Kota Lama Banyumas


Alun – alun Kota Lama Banyumas

A
lun – alun Kota Lama Banyumas terletak 18 km ke arah selatan Alun-alun dari Purwokerto. Alun-alun merupakan salah satu penanda pusat pemerintahan di Jawa, selain Pendopo Kabupaten dan Masjid Agung. Di sebelah barat Alun-alun terdapat Masjid Nur Sulaiman, di utara adalah Pendopo Duplikat Si Panji, dan sebelah timur adalah Lembaga Pemasyarakat Banyumas. Biasanya di pinggir dan tengah kompleks Alun-alun ditanami pohon beringin yang melambangkan pengayoman kepada rakyat. Dari purwokerto ke kota lama Banyumas lumayan jauh dan dapat ditempuh sekitar 1 jam. Disekitar alun – alun ditemukan bangunan yang bergaya klasik berwarna putih yaitu rumah bati alun – alun.
Seperti alun – alun kebanyakan, alun – alun ini terlihat lihat begitu rindang dengan pepohonan disekitar dan pedagang – pedang dipinggiran kawasan alun – alun. Disepanjang jalan menuju alun – alun anda akan banyak menjumpai orang berjualan es dawet yang begitu segar. Setiap minggu pagi alun – alun ini slalu ramai dipadati para pengunjung mulai dari remaja, orang dewasa bahkan anak – anak. Dan dialun – alun ini juga biasa dijadikan sebagai tempat pagelaran seni  oleh komunitas Seniman Purwokerto. Biasanya pagelaran pameran seni ini dilaksanakan tiap hari sabtu dan minggu. Adapun kegiatan pameran komunitas yang bertempat di Alun-alun Kota Lama Banyumas. Dalam acara tersebut nantinya berbagai hiburan seni seperti, Dalang jemblung, Banglung, Buncis, Bawor grup, Wayang kulit, Barongsai, Parade film pendek, Pameran lukisan, Senam karawitan, Stand komunitas dan hobis. Selain itu, Puluhan band, seni tari, teater, dan sulap juga siap menghibur masyarakat Banyumas di akhir pekan.
Selain itu anda bisa menikmati Alun – alun Kota Lama Banyumas pada malam hari. Jadi kalo anda jalan-jalan ke purwokerto, sempetin ke kawasan Kota Lama. Bangunan kuno tidak hanya di sekitar alun-alun, tapi menyebar sampai ke Pasar yang ada di Banyumas, deket dengan Klenteng.
Selamat berkunjung dan menikmati keindahan Alun – alu Kota Lama Banyumas, demikian dan terima kasih. J

No comments:

Post a Comment