masjid jami kesultanan sambas, masjid tertua di kalimantan barat

Tuesday, July 14, 2015


assalamungalaikum hai kawan kita tau ke agamaan di Negara kita memang banyak Negara Indonesia miliki beberapa kepercayaan menurut setiap masing masing orang ada yang percaya agama hindu, budha, Kristen dan ada pula yang beragama islam. Karena agama yang pertama kali masuk ke dalam Negara ini adalah agama hindu namun saat ini orang Indonesia beragama islam. Meskipun demikian orang – orang Indonesia tidak pernah mebeda – bedakan agamanya apa, dan rasnya juga apa asal masih orang Indonesia kita masih saudara Indonesia memang memiliki suku dan ras yang ber beda beda.
Nah kali ini saya akan berkunjung ke daerah kalimatan barat yang disana telah memiliki masjid tertua di kalimatan barat dengan desain yang sangat unik dan bagus masjid ini telah diberi nama masjid jami kesultanan sambas. Kenapa koh di kasih nama demikian karena konon menurut cerita orang peri bumi adalah masjid ini di berinama oleh sultan muhamad sjafiudin II dan masid ini juga di dirikan pada tanggal 10 oktober 1885 masehi. Arsitektur yang membangun masjid ini itu dengan thema khas melayu yang bahan bangunannya berdominan menggunakan bahan kayu ulin yang di padukan dengan kayu besi. Yang bikin unik lagi dari masjid ini adalah dua menara yang berada tepat di sekitar mimbar. Letak masjid ini saja telah di kelilingi dengan sungai, sungai yang mempertemukan kedua sungai sambas besar dan sungai sambas kecil dan juga sungai terbau, maka sungai ini lah yang telah menjadi saksi seketika alat transportasi sewaktu  masih menggunakan kapal.
Meskipun mesjid ini mesjid tertua di daerah kalimatan barat namun masjid ini telah memberikan desain yang sangat elegan dengan fasilitas – fasilitas yang telah di pasang di dalam mesjid serta ornament yang menggunakan kayu besi yang telah di beri cairan pernis maka mesjid akan terlihat lebih megah dan mewah, mejid ini memiliki 2 anak tangga yang di desain sedemikian rupa jadi anak tangga itu terlihat lebih kuno. Dan alhamdulilahnya mesjid ini yang telah mengakrabkan penduduk setempat jadi lebih guyub rukun.


 

Blogger news

Most Reading

Powered by Blogger.