Pantai Widarapayung

Sunday, July 27, 2014



Eksotisme Pantai Widarapayung

B

erbicara tentang wisata pantai memang tidak aka nada bosannya. Semua orang pasti suka dengan suasana pantai. Cilacap memiliki pantai dengan nama Widarapayung yang terletak sekitar 35 km dari kota Cilacap atau 10 km dari daerah Kroya. Walaupun pantai ini sempat dihancurkan oleh ombak tsunami, namun pantai ini secara perlahan dibenahi dan di tata kembali menjadi pantai yang lebih indah dengan fasilitas-fasilitas yang lebih lengkap. Pantai Widarapayung ini adalah pilihan tempat wisata yang tepat bagi keluarga. Dengan eksotisnya pemandangan dan deburan ombak yang menyapa seakan melambai memanggil kita untuk segera bermain-main dengan mereka para ombak.

Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Widarapayung ini sangatlah mudah. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum. Sesampainya disana wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk Rp2500,-. Dengan membayar Rp2500,- saja wisatawan langsung bisa menikmati keelokan panorama indahnya Pantai Wiradapayung ini.

Tanjung intan Cilacap



Cilacap Punya Pelabuhan Tanjung Intan



P

emerintah Cilacap berencana memperluas pengembangan potensi yang di miliki Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap ini. Karena memang banyak perusahaan yang bersedia berinvestasi untuk membangun dan mengembangkan potensi Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap ini. Pelindo III Cabang Tanjung Intan bersedia untuk mengalokasikan dana sebesar 25 milyar yang digunakan untuk membangun terminal khusus penampungan hewan ternak. Pelabuhan Tanjung Intan ini akan dikembangkan menjadi satu-satunya pelabuhan untuk ternak di pulau jawa dengan fasilitas-fasilitas yang sangat menunjunag. Di Pelabuhan Tanjung Intan juga akan ditambahkan sarana dan prasarana yang memadai dengan memperbaiki struktur dermaga, mengganti fender dengan fender yang baru, pengadaan dua buah unit bucket, dan satu unit ramp door untuk Pelabuhan tanjung Intan.

Pelabuhan Tanjung Intan menjadi satu-satunya Pelabuhan di pesisir selatan pulau jawa yang dekat dengan Australia. Sedangkan arus barang seperti ekspor pasir besi dan impor batu bara saat ini semakin lama semakin meningkat. Sementara dengan adanya investor perekonomian Cilacap juga semakin berkembang, dengan dibukanya usaha-usaha perdagangan, pertokoan, peternakan, dan layanan-layanan jasa. Dengan demikian pemerintah Cilacap harus bersedia untuk membantu menyiapkan lahan seluas 50 hektar untuk proses pengembangan potensi Pelabuhan Tanjung Intan ini.

Itulah sedikit yang dapat saya informasikan tentang Pelabuhan Tanjung Intan yang ada di Cilacap ini. Semoga sedikit informasi saying dapat memberikan manfaat yang cukup bagi pembaca. Terimakasih.




Benteng pendem cilacap

Thursday, July 17, 2014




Berwisata dan Belajar Sejarah
Benteng Pendem-Cilacap

I

ndonesia memang memiliki beribu-ribu sejarah di dalamnya. Perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka menentang para penjajah memang masih sangat melekat. Bahkan masih sangat banyak bangunan-bangunan yang masih dilestarikan sampai saat ini dan kemudian dimanfaatkan sebagai objek pariwisata. Sebagai salah satu contohnya adalah Benteng Pendem yang teletak di pesisir pantai teluk penyu, Cilacap. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang digunakan sebagai tempat pertahanan untuk mempertahankan wilayah jajahannya. Mengapa diberi nama Benteng Pendem? Ya, karena dahulu Belanda membangun benteng ini di dalam tahan dengan kedalaman sekitar 3,5 meter dari permukaan tanah.

Curug Ceheng



Sejuknya Curug Ceheng

S
elain Curug Belot, Curug Cipendok, Curug Gede di kota Purwokerto juga terdapat Curug yang tak kalah indahnya yaitu Curug Ceheng. Curug yang memiliki ketinggian terjunan air sekitar 13 meter, curug ini berada di ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan laut. Curug Ceheng berada di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kota Banyumas, PRovinsi Jwa Timur. Air terjun Curug Ceheng merupakan salah satu bagian dari aliran sungai Pelus yang mengalir ke daerah aliran hilir sampai ke Sumbang dan Sekaraja.
etaknya yang berada ketinggian membuat curug ini berhawa sejuk dan segar. Curug Ceheng biasa dikunjung oleh para pemuda pemudi karena letaknya yang tersembunyi  berada di tengah – tengah perkebunan dan hutan, serta cerug yang berbentuk setengah lingkaran den ber background Gunung Slamet. Di Curug Ceheng ini juga terdapat banyak kelelawar yang berterbangan yang menambah keindahan curug ceheng ini. Ketika anda menapaki jalan menurun menuju ke Curug Ceheng ini anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan lading yang begitu indah dengan gradasi warna hijaunya dan semilir angin yang berhembus diantara pepohonan yang menambah kesejukkan Curug Ceheng ini.

Museum Bank Rakyat Indonesia purwokerto

Tuesday, July 15, 2014


 

Museum Bank Rakyat Indonesia

                   
S
iapa yang tidak tahu dan mengenal dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ? Bank BRI merupakan Bank yang ber plat merah dan menjadi Bank terbesar di indonesia yang terus berkembah hingga saat ini. Bank BRI ini merupakan Bank tertua yang memiliki sejarah yang sangat panjang  di Indonesia. Bank ini didirikan  pada tanggal 16 Desember 1895 oleh Raden Aria Wirjaatmadja, di kota kecil yang sejuk nan asri, Purwokerto, Jawa Tengah.
Siapa yang tahu kalau Kota purwokerto merupakan kota pertama didirikannya bank BRI. Sebelum nama BRI dulunya bank ini bernama De Purwokertosche Hulp-en Spaar Bank Der Inlandasche Bestuur Ambtenaren yang memliki arti Bank Priyayi yang memiliki satu kantor kecil pada masa itu. Tetapi sekarang bank ini menjadi salah satu Bank besar di Indonesia yang memiliki banyak kantor cabang dimana – mana, diberbagai penjuru Indonesia.

Baturraden



Lengkapnya Satwa di Bumi Perkemahan Baturraden



P
esona hutan yang indah dengan udara alam yang begitu sejuk bisa anda nikmati di Bumi Perkemahan Baturraden. Yah, di kota Banyumas terdapat lokasi yang indah dan sejuk yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur keluarga tempat tersebut adalah Wana wisata Baturraden. Wana wisata Baturraden ini terletak sekitar 2 Km dari lokasi objek wisata Baturraden.
Wana wisata yang luasnya sekitar 63,3 hektar ini dilengkapi dengan tiga jaluk track jungle dengan jarak tempuh yang berbeda – beda. Diantaranya adalah “jalur Rasamla yang berjarak 2km, jalur Damar dengan jarak 3km dan jalur Palawi yang merupakan jalur terpanjang yaitu 6km”. jalur – jalur tersebut diperuntuhkan untuk anda para pecinta alam dan juga pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam Baturraden. Track ini dibuat dengan konsep sealami mungkin ( back to nature).

Masjid Saka Tunggal

Saturday, July 12, 2014



Kemegahan Masjid Saka Tunggal
M

asjid merupakan tempat beribadah umat islam. Di Banyumas terdapat sebuah masjid unik yaitu Masjid Saka Tunggal. Masjid Saka Tunggal ini disebut juga Masid Darussalam yang terletak di Desa Pekuncen tepatnya di Gerumbul Legok Kecamatan Pekuncen Banyumas daerah ini berda di sebelah barat Gunung Slamet. Masiji Saka Tunggal di bangun pada tahun 1288 M, sehingga masjid Ini berumur sangat tua (kuno) sebagai mana terukir di Guru Saka (Pilar Utama) masjid. Masjid iini terletak 30 km dari kota Purwokerto.
Mengapa masjid ini diberi nama Masjid Saka Tungal ? karena ditengah – tengah bengunan masjid ini terdapat Satu Tiang ( Saka Tunggal) sebagai gambaran bahwa Allah itu satu sehingga masjid ini diberi nama Masjid Saka Tunggal. Bangunan masjid ini sangat sederhana namun masjid ini menyimpan banyak nilai historis bagi perkembangan agama islam di Banyumas barat. Disekitar kompleks masjid ini dijadikan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Proses pembangunan masjid ini ditulis dalam buku karangan Kyai Mustolih, yang tak lain adalah pendiri Masjid Saka Tunggal.

Curug Belot

Friday, July 11, 2014



Keindahan Curug Belot di Banyumas

C
urug Belot memiliki keindahan air terjun yang tersebunyi di Banyumas. Air terjun Curug Belot berasal dari Sungai Belot yang memiliki ketinggian terjunan sekitar 3 meter. Air terjun ini terletak di dua Kecamatan dan Dua Desa yaitu Kecamatan Baturaden Desa Rempoah dan Kecamatan Sumbang Desa Banjarsari Kulon.
Di Curuk Belot ini  anda bisa merasakan gemricikan air yang begitu merdu, dengan udara yang begitu sejuk dan kicauan burung – burung yang saling bersahutan bagaikan melodi yang indah didengar. Serta pemandandangan alam yang megah nan indah sungguh keindahan yang tiada duanya. Jadi tak heran jika tempat ini menjadi buruan masyarakat setempat dan juga para wisatawan yang hendak mengisi liburannya atau hanya sekedar bersantai melepas penat yang ada difikiran. Serta airnya yang begitu dingin  membuat pengunjung menjadui betah bermain -  main di air. Tetapi anda juga harus berhati – hati karena bebatuan besar masih berdiri tegak disekitar air terjun dan lumut – lumut yang banyak menimpel di bebatuan sehingga membuat bebatuan menjadi licin, jika anda tidak berhati – hati anda bisa terpeleset.

Curug Cipendok



Keasrian Curug Cipendok
S

elain curug belot di Kabupaten Banyumas juga terdapat Curug yang bernama Curu Cipendok. Curug Cipendok merupakan air terjun dengan ketinggian 93 meter  yang terletak di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok masuk dalam kawasan Perhutani Kesatuan Pemangkuanj Hutan (KPH) daerah Banyumas Timur.

Curug Cipendok menyuguhkan keindahan alam yang begitu dasyat dengan kealamian air terjunnya dan suasanya yang masih asri sehingga cocok untuk para pengunjung yang ingin bersantai dan merifreskan pikirannya sejenak. Air terjun Curug Cipendok dikelilingi dengan keindahan hutan tropis dan hutan lindung yang masih terjaga keasriannya. Selain pemandangan air terjunya yang begitu dahsyat indahnya anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang begitu menyenangkan karena untuk menuju air terjun ini anda harus melewati hutan dan juga perkebunan. Disekitar air terjun Curug Cipendok ini juga terdapat bumi perkemahan dan juga telaga, telaga ini bernama Telaga Pucung. Telaga Pucung merupakan sumber mata air pucung yang berdada di kampung Panginyongan, yang disajikan dengan nuansa Budaya Banyumas. Telaga Pucung ini sangat cocok jika dijadikan tempat camping group selain itu anda juga bisa mendengarkan suara burung elang yang begitu merdu.

Curug Gede

Thursday, July 10, 2014




Dibalik Nama Curug Gede


K
ota Banyumas, di kota ini terdapat banyak tempat wisata yang bisa nda kunjungi saat anda mengunjungi kota ini. Tempat wisata yang tak kalah menariknya adalah Air Terjun Curug Gede. Air Terjun Curug Gede merupakan salah satu dari 9 air terjun yang terdapat di wilayah puwokerto yang berlokas di Desa Ketenger, kurang lebih 3 kilometer arah selatan lokasi wisata Baturraden. Curug Gede memiliki ketinggian sekitar 50 meteran dengan kolam penampungan dibawahnya sekitar 25 m Curug ini berada di ketiggian sekitar 1500 dpl yang dikelilingi oleh bukit. Tetapi masih belum banyak orang mengetahui tentang adanya air terjun curug gede ini.
Untuk menuju lokasi Air Terjun Curug Gede medannya cukup berbahaya jadi pengunjung harus berhati – hati, karena jalan untuk menuju curuk ini sangat curam dan terjal sangat berbahaya untuk anak – anak. Namun curug gede merupakan curug yang terindah diantara curug – curug lainnya yang ada dikawasan ini. Air terjun Curug Gede ini juga memberikan panorama yang sangat menawan dengan keindahan alamnya, airnya yang jernih dan bersih, kanana kiri dikelilingi bukit, serta tenaman, udaranya yang sejuk dan bebatuan yang menghiasi air terjun Curug Gede sehingga membuat objek wisata ini menjadi sempurnah. Tetapi sangatlah berbahaya jika anda berenang disini.
fasilitas ditempat ini terbilang masih cukup kurang dan masih kurang bagus, karena tempat ini terbilang tempata wisata alam dan wisata petualang. Untuk menikmati keindahan air terjun Curug Gede ini anda tidak perlu mengeluarkan buaya sepeser pun. Anda cukup membayar parkir kendaraan anda yang anda titipkan dirumah – rumah warga. Parkir diperkirakan Rp. 1000,- untuk motor dan Rp. 2000,- untuk mobil anda.
Tempat ini sangat cocok untuk anda para pecinta alam yang suka berpetualang. Tapi anda juga harus tetap waspada dan berhati – hati dengan medan menuju lokasi air terjun Curug Gede ini serta siapkan perbeklan anda dan cek kondisi kendaraan anda. Semoga bermanfaat yaa

Bendungan Gerak Serayu



Berwisata ke Bendung Gerak Serayu


B

agi anda para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pedesaan yang begitu eksotik anda bisa langsung datang ke Bendung Gerak Serayu. Bendung Gerak Serayu merupakan bendungan dengan memanfaatkan debit air sungai Serayu yang melintasi wilayah Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap mengairi sawah beririgasi di kedua wilayah tersebut. Bendunagn Gerak Serayu merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan Grak Serayu dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan pada tanggal 20 Nopember 1996 oleh Presiden Soeharto.bendungan Gerak Serayu berada pada jalur utama Purwokerto-Cilacap. Lokasi bendungan ini cukup luas dan dibendunan ini anda bisa merasakan semilir angin yang berhembus . Tak heran jika pada saat arus mudik bendungan ini  dijadikan tempat bers
inggah para pemudik untuk melepar rasa capek karena terlalu lama berkendara. Selain pemudik dapat melepas rasa capek pemudik juga dapat menikmati keindahan pemandangan alam Sungai Serayu hamparan perbukitan. Disini pemudik juga bisa menikmati jajanan yang dijual oleh para pedagang asongan dan disini anda juga bisa mengabadikan diri anda dengan berfoto – foto.

Selain sebai tempat beristirahat para pemudik, bendungan banyak dimanfaat kan oleh masyarakat sekitar sebagai pengairan sawah dan juga dijadikan tempat pembudidayaan ikan tawar. Sehingga petani yang ada di Kabupaten Banyumas, Cilacap dan Kebumen tidak penah khawatir drngan tanaman padinya akan kekurang air meskipun pada musim kemarau sekalipun.

Lokasi ini sekarang sudah dikembangkan menjadi kawasan wisata, lokasi ini dikelolah oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Luas lahan lokasi wisata ini sekitar 5 Ha. Di lokasi wisata ini kita dapat menikmati wisata berupa Bendung Gerak Serayu dengan fasilitas penunjang berupa jalan menuju lokasi wisata yang sudah bagus dan tempat parkir yang luas serta pemandangan disekitar bendungan yang begitu indah dan sejuk.Jadi Bendungan Gerak Serayu ini selain dapat dimanfaat oleh warga setempat untuk pertainan bendungan ini juga dijadikan objek wisata dan tempat istirat bagi para pengunjung dan pemudik
 

Blogger news

Most Reading

Powered by Blogger.